Sunday, April 10, 2011

Keutamaan dan ganjaran membaca Al-Qur’an ( Kitabullah)


1.Membaca Al-Qur’an akan memberi rahmat Allah kepada manusia.Sebagaimana firman Allah yang bermaksud “ Sesungguhnya orang-orang yg selalu membaca Kitabullah dan mendirikan solat serta menyedahkan sebahagian rezekinya yang telah kami anugerahkan kepadanya secara diam-diam dan terang-terangan mereka mengharapkan suatu perniagaan yang tidak merugi agar Allah Swt memberikan kepada mereka pahala dan menambah kepada mereka dari rezekiNya Sesungguhnya Allah Maha pengampun lagi Maha mensyukuri“.
 Sebahagian ulama berpendapat bahwa membaca Al-Qur’an itu lebih utama daripada membaca tasbih tahlil dan zikir-zikir lainnya. Sabda Nabi Muhammad s.a.w “Perumpamaan seorang mukmin yang membaca Al-Qur’an ialah ibarat buah utrujjah baunya harum dan enak rasanya sedangkan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an adalah ibarat buah kurma tidak berbau tapi manis rasanya. Adapun perumpamaan orang munafik yg membaca Al-Qur’an ialah bagaikan wangi baunya harum tapi pahit rasanya sedangkan perumpamaan orang munafik yangg tidak membaca Al-Qur’an adalah bagaikan buah hanzolah tidak berbau lagi pahit rasanya“.

2. Pahala membaca Al-Qur’an kepada manusia.
Sabda rasulullah s.a.w “Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Qur’an dihitung untuknya satu kebaikan dan pahala satu kebaikan adalah sepuluh kali ganda. Aku tidak mengatakan “Aliif laam miim” itu satu huruf melainkan Aliif satu huruf Laam satu huruf dan Miim adalah satu huruf“.

3. Al-Qur’an menentukan tinggi atau rendahnya tempat di syurga bagi pembacanya. Sabda Nabi Muhammad s.a.w “Nanti akan dikatakan kepada pembaca Al-Qur’an “Bacalah dan tingkatkanlah bacaannya dengan tartil seperti kamu mentartilkan bacaannya sewaktu di dunia. Sesungguhnya tempatmu itu adalah berdasarkan ayat terakhir yang kamu baca“.

3. Al-Qur’an akan memberi syafa’at kepada pembacanya di akhirat kelak.
Sebagaimana Rasulullah s.a.w bersabda “Bacalah selalu Al-Qur’an sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti untuk memberi syafa’at kepada para pembacanya“.

4. Orang tua juga akan mendapat balasan di akhirat sekiranya anaknya selalu membaca dan mengamalkan Al-Qur’an.
 Rasulullah s.a.w. bersabda “Barangsiapa selalu membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya nescaya Allah akan memakaikan mahkota kepada kedua orang tuanya besok di hari kiamat yang mana cahaya mahkota tersebut lebih indah dari cahaya matahari yang menyinari rumah-rumah dunia. Maka apakah balasan pahala yang akan dianugerahkan kepada orang yang membaca dan mengamalkan Al-Qur’an itu sendiri? ”.

5. Membaca Al-Qur’an secara berterusan adalah termasuk kewajipan setiap muslim Oleh karena itu mereka yang tidak sempat atau tidak mampu untuk melakukannya akan merasa iri dengan yang orang lain dan inilah iri hati yang dibenarkan agama. Dalam sebuah hadits shahih Rasul Saw bersabda “Tidak dibolehkan iri hati kecuali terhadap dua hal yakni Kepada seseorang yang dianugerahi Allah Al-Qur’an yang selalu ia lakukan siang dan malam dan kepada seseorang yang diberi Allah harta kekayaan yang selalu menafkahkannya siang dan malam“.

6. Membaca Al-Qur’an akan mendatangkan ketenteraman,ketenangan,kedamaian dan rahmat Allah akan selalu menyertainya .Rasulullah Saw telah bersabda “Jika ada sekelompok orang yang berkumpul di salah satu rumah Allah untuk membaca dan mempelajari kitabullah maka akan turun kepada mereka ketentraman kedamaian dan mereka akan diliputi oleh rahmat serta dikelilingi oleh para malaikat. Dan Allah SWT selalu menyebut mereka di kalangan penduduk langit“.

No comments:

Post a Comment